Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Fungsi Menu Bar Microsoft Word 2016 Lengkap #2

Ini adalah bagian kedua dari Mengenal Fungsi Menu Bar Microsoft Word 2016 Lengkap, mungkin tidak perlu basa basi lagi, jika sebelumnya kalian belum membaca bagian pertama silahkan klik disini
Mengenal Fungsi Menu Bar Microsoft Word 2016 Lengkap #2

3. Menu bar Insert Microsoft Word 2016

Menu insert sendiri seperti namanya, menampilkan submenu yang bisa kalian gunakan untuk memberikan masukan file atau objek lain kedalam lembar kerja Microsoft Word 2016 kalian, dan berikut ini adalah submenu yang terdapat pada menu bar Insert Ms. Word 2016

Menu bar Insert Microsoft Word 2016
Gambar 3. menu bar insert ms. word

  1. Pages : Menampilkan panel yang berisi pilihan insert atau masukan, didalamnya termasuk halaman cover, halaman blank (kosong) dan Page Break (Pemisah Format yang masih dalam satu halaman).
  2. Tables : Bisa kalian gunakan untuk memasukan objek Tabel kedalam lembar kerja, pada Microsoft Word 2010 keatas sampai 2016, Insert Tables ini tinggal menandai berapa kolom dan row yang akan ditampilkan dengan sangat mudah.
  3. Ilustration : Menampilkan pilihan submenu yang bisa kalian gunakan untuk memasukan, objek berupa ilustrasi, termasuk didalamnya adalah Gambar, Shapes (bentuk) Smart Art, Chart atau grafik, sampai dengan Screenshoot dari layar monitor komputer kalian,
  4. Add-ins : Menampilkan panel yang berisikan submenu masukan tambahan yang bisa didapat dengan mengunduh tambahan tersebut pada Store atau di My Add-ins. Perhatikan gambar 3 diatas.
  5. Media : Dalam panel submenu ini hanya terdapat satu saja masukan, yakni Online Video, dimana kalian dapat memasukan video kalian yang sudah kalian upload sebelumnya, mungkin juga video orang lain, baik itu dari Youtube, Bing atau media lain yang memiliki fitur embade
  6. Link : Dapat kalian gunakan untuk memasukan url link kedalam lembar kerja.
  7. Comment : Dapat kalian gunakan untuk memasukan koentar kedalam lembar kerja, yang hanya tampil dan sebagai penanda atau pembantu proses pengerjaan kalian saja, atau juga menunjukan kesalahan tugas, misalkan kalian adalah pengajar, dan harus menunjukan kesalahan dari tugas anak didik kalian yang mungkin kebetulan tugas tersebut berupa file Word.
  8. Header & Footer : yang bisa kalain gunakan untuk mengatur Header (kepala dokumen) dan Footer (catatan kaki) dokumen, yang termasuk juga penomoran halaman.
  9. Word Art : Sebuah fitur yang sudah ada dari Microsoft Word versi paling lama, dan menjadi signature dari Ms. Word sendiri, memungkinkan kalian memasukan Text dengan gaya yang bisa kalian sesuaikan dengan keinginan kalian.
  10. Text : Pada bagian terakhir panel submenu dari menu bar insert Microsoft Word adalah text,berbeda dengan yang ada pada Home, pada insert text ini lebih ke memasukan Text interaktif, dan bersifat auto mungkin. misalkan saja tanggal, jika kalain menggunakanya maka kalian tidak perlu memasukan manual tanggal untuk hari ini, karena akan secara otomatis ter generate.

4. Menu bar Design Microsoft Word 2016

Pada menubar ini akan menampilkan submenu yang bisa kalain gunakan untuk mendesign lembar kerja kalian menjadi lebih indah serta terstruktur dengan lebih mudah.

Menu bar Design Microsoft Word 2016
Gambar 4. menu bar design ms. word

  1. Themes : Tema, yang bisa kalian pilih untuk dokumen yang akan kalian buat, pada pilihan themes ini akan mengubah total keseluruhan dokumaen menjadi tema tertentu pada themes yang dipilih. termasuk font Heading dan paragrafnya.
  2. Document Formating : pada panel ini memberikan kalian pilihan untuk memilih style formating atau format teks dokumen kalian berasarkan themes yang dipilih sebelumnya.
  3. Page Backgroud : dapat kalian gunakan untuk mengatur background lembar kerja Ms.Word kalian, termasuk didalamnya adalah watermark.

5. Menu bar Layout Microsoft Word 2016

Selanjutnya adalah menu bar Layout pada Microsoft Word 2016, disini akan ditampilkan submenu yang bisa kalian gunakan untuk mengatur Tata Letak teks, atau konten pada lembar kerja Ms Word Kalian.

Menu bar Layout Microsoft Word 2016
Gambar 5. menu bar layout ms. word

  1. Page Setup : pada panel ini kalian dapat mengubah pengaturan halaman lembar kerja Ms. word 2016, termasuk didaamnya adalah Margin, Orientasi (apakah Lanscape atau potrait), Kolom, ukuran kertas, sampai Line break.
  2. Paragraph : pada panel ini menampilkan submenu yang bisa kalian gunakan untuk mengatur paragraf dokumen kalian, yah seperti pada artikel pertama pada poin menu bar Home
  3. Arrange : dan yang ketiga adalah arrange atau penataan, pada panel submenu ini akan ditampilkan pilihan yang bisa kalian gunakan untuk mengatur penataan dokumen pada lembar kerja Microsoft Word kalian agar lebih rapih, diantaranya adalah penatan gambar, teks box, memutar objek dan lain-lain.

6. Menu bar References Microsoft Word 2016

Menu bar References akan menampilakan submenu yang bisa kalain gunakan untuk mencari referensi untuk dokumen yang kalian buat dengan sangat mudah, hanya saja memerlukan koneksi internet jika ingin menggunakan menu ini secara maksimal.

Menu bar References Microsoft Word 2016
Gambar 6. menu bar references ms. word 2016

  1. Table of Contents : Untuk memasukan daftar isi dari dokumen yang kalian buat, dengan syarat struktur dari dokumen tersebut rapih (penomoranya secara otomatis) ini sangat berguna untuk pembuatan makalah atau tugas sejenis lainya.
  2. Footnotes : Memberikan catatan kaki pada dokumen yang kalian kerjakan, dengan sangat mudah.
  3. Smart Lookup : Sebuah tools pencarian pintar, dengan hanya menandai teks dengan mouse kalian, Smart Lookup akan mencari referensi dengan sendirinya di internet, sehingga bisa memudahkan kalian untuk memahami arti atau kiasan yang kalian tulis tapi mungkin kurang begitu paham maksudnya, perlu dicatat ini memerlukan koneksi internet.
  4. Citations & Bibliography : menampilkan pilihan yang bisa kalian gunakan untuk memasukan kutipan, dan Bibliografi (atau sumber penulisan) yang juga bisa kalian pilih jenisnya seperti penulisan bibliografi ala APA, Chicago, Harvard dll. 
  5. Captions : bisa menampilkan cuplikan teks atau data yang kalian masukan sebelumnya pada lembar kerja kalian, dengan lebih mudah karena bisa langsung beberapa klik saja.
  6. Index : dimana kalian dapat menentukan dan mengklasifikasikan kembali teks, paragraf atau judul tersebut dengan lebih mudah, termasuk penggunaan caption diatas, juga memerlukan index
  7. Table of Authorities : adalah dimana kalian dapat memasukan, dan menambah kutipan-kutipan tertentu yang bisa kalian kelola dan masukan dengan cepat untuk selanjutnya,
Mungkin cukup dahulu, mengenai Mengenal Fungsi Menu Bar Microsoft Word 2016 Lengkap bagian kedua ini, selanjutnya akan  diteruskan di bagian ke 3 disini
Rosyadi
Rosyadi Saya adalah pria biasa yang suka sekali bernafas, makan dan minum juga suka. 😁

1 komentar untuk "Mengenal Fungsi Menu Bar Microsoft Word 2016 Lengkap #2"

  1. woe cek lengkape, nggarai q seneng wae cak.. suwon yo gelem ulas

    BalasHapus